Search
Close this search box.
14 Juli 2024

Raih 126 Medali Emas, Indonesia Juara Umum ASEAN University Games XXI

Reportasemalang
Konferensi Pers Closing Ceremony AUG XXI. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Bagikan :

Reportasemalang – Kontingen Indonesia menjadi juara umum ASEAN University Games (AUG) XXI. Diikuti Thailand di posisi ke dua dan Malaysia di posisi ke tiga.

Hal ini disampaikan Ketua Pelaksana AUG Prof. Dr. Nurhasan, M. Kes saat konferensi pers Closing Ceremony AUG XXI di Loby Gedung Rektorat Universitas Negeri Malang, Sabtu malam (6/7/2024).

Dikatakan Prof Nurhasan, Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum dengan perolehan 126 medali emas, 97 perak, dan 71 medali perunggu.

“Capaian ini melebihi hasil dari dua pelaksanaan AUG sebelummya. Karena mimpi kita adalah 4 sukses yakni sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses ekonomi masyarakat, dan sukses kerja sama,” ujarnya.

Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd. berharap gelaran AUG ini, para peserta tidak hanya berkompetisi meraih prestasi. Tapi tidak kalah pentingnya adalah membangun saling pengertian dan kerjasama antar mahasiswa di level asia.

“AUG ini tidak hanya untuk semata-mata mencari medali. Tetapi juga untuk saling menggali, saling memahami, membangun pengertian bahwa kita bangsa Asia bisa ikut berkontribusi dalam membangun peradaban bangsa ke depan yang lebih baik,” tutur Rektor.

Lebih lanjut, Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Ir. Suharti, M.A., Ph.D. menyampaikan terimakasih kepada ASEAN University Sport Council yang telah memberikan kepercayaan kepada Indonesia untuk menyelenggarakan AUG ke 21.

Menurutnya, Surabaya dan Malang dipilih sebagai penyelenggaraan karena Perguruan tingginya bersedia untuk all out untuk memastikan penyelenggaraan acara ini berjalan lancar.

“Kami juga sampaikan terimakasih kepada 9 perguruan tinggi yang sudah menjadi penyelenggara dalam kegiatan ini,” ucapnya.

Sementara Presiden ASEAN University Sport Council (AUSO), Prof. Mohd. Ruslim Mohammed mengatakan, AUG kali ini mencatatkan sejarah, di mana setiap cabor diikuti delegasi dari 11 negara. Sebelumnya, setiap cabor hanya diikuti beberapa delegasi saja, tetapi sekarang banyak yang berpartisipasi.

“Artinya, dari aspek partisipasi terjadi peningkatan keterlibatan atlet, pelatih atau official,” ucapnya.

Prof Ruslim menambahkan, AUG 2024 ini telah memperlombakan sebanyak 21 cabang olahraga (cabor). Meliputi, Futsal, Petangue, Volleyball, Tennis, Swimming, Sport Ckmbing, 3X3 Basketball, Judo, Handball, Wushu, Bridge, Chess, Athletics, Basketball, Badminton, Archery, Beach Volleyball, Sepak Takraw, Taekwondo, Pencak Silat, dan Karate.

“Dari 21 cabor itu diperlombakan total sebanyak 290 nomor lomba. Dengan kata lain, ada 290 medah emas yang diperebutkan delegasi mahasiswa dari 11 negara ASEAN,” pungkasnya.