Search
Close this search box.
22 Juli 2024

Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Badko HMI Jatim Selenggarakan Agenda Sosial ‘Bakti HMI Untuk Negeri’

Reportasemalang
Prosesi pembukaan Bakti HMI Badko Jatim di Bangkalan. (Foto: Satria/reportasemalang)

Bagikan :

ReportasemalangJawa Timur, Sabtu 29 Oktober 2022 Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam Jawa Timur (BADKO HMI JATIM) mengadakan agenda sosial masyarakat yang bertempatkan di Desa Tegar Priya, Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan Madura, Jawa Timur.

Agenda yang diselenggarakan oleh Badko HMI Jatim ini mengangkat tema “Bakti HMI untuk Negeri” yang dimana dalam agenda ini dirangkai dengan beberapa acara yaitu Khitanan Masal, Pengobatan gratis hingga Pembagian sembako kepada janda-janda yang kurang mampu. Acara yang dilakukan oleh Badko HMI Jatim ini berkerja sama dengan Pemprov Jawa Timur, Biddokkes Polda Jawa Timur dan Polres Bangkalan.

Reportasemalang
Sambutan dari Ketua Umum Badan Koordinasi (Badko) Jawa Timur, Ahmad Surya Hadi Kusuma. (Foro: Satria/reportasemalang)

Acara dimulai pada hari Sabtu, 29 Oktober 2022 pada pukul 09.00 WIB, yang dimana pada pembukaan acara dihadiri oleh para Tokoh masyarakat desa, Kapolres Bangkalan hingga Forkopimcab setempat. Agenda sosial ini diagendakan dalam waktu dua hari yaitu pada tanggal 29-30 Oktober 2022.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan peranan pemuda agar lebih peka dan sadar bagaimana dengan kondisi kemasyarakatan yang ada di pelosok-pelosok desa, Untuk bagaimana bersama memberikan edukasi terhadap masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan diri agar terhindar dari penyakit mengingat kondisi dunia hari ini yang masih mencoba pulih paska Pademi Covid 19.

Pada saat sambutannya Ahmad Surya Hadi Kusuma selaku ketua umum Badko HMI Jatim mengatakan “Pemuda hari ini harus lebih peka terhadap kondisi bangsa hari ini dan jangan sampai melupakan juga bahwa pemuda juga harus membangun Desa untuk lebih maju”. Karena banyak hari ini kita melihat pemuda lebih tertarik untuk bertarung di Kota-kota besar sehingga lupa dimana tempat mereka berasal.

“Maka saya berharap untuk para pemuda-pemudi yang telah menuntaskan studinya di kota dari jenjang s1, s2 hingga mungkin ada yang telah lulus s3 mari kembali untuk membangun desa agar desa tidak tertinggal jauh dari perkembangan kemajuan dunia hari ini” ajaknya. Peran pemuda memang sangat penting hari ini sebagai agen of social control dan insan pelopor kebangkitan desa untuk negeri, karena sumbangsih pemikirannya yang dirasa mampu membawa perubahan agar desa lebih maju dan makmur kedepannya.

Reportasemalang
Ketua Umum Badko Jatim menyerahkan paket sembako yang di tujukan pada masyarakat yang kurang mampu. (Foto: Satria/reportasemalang)

Pada saat sambutannya AKBP Wiwit Ari Wibisono selaku Kapolres Bangkalan mengatakan “Dalam kehidupan di Dunia ini manusia atau orang itu akan lebih berharga dan berarti ketika ia saling menghormati dan menghargai, Apalagi ia bisa bermanfaat bagi orang lain”. Kapolres bangkalan ini menekankan bahwa rasa simpati dan empati itu harus tetap utuh dan tinggi di diri pribadi setiap manusia, “Seorang mukmin itu mudah bergaul dan mudah didekati. Tidak ada kebaikan pada orang yang tidak bergaul dan tidak mudah didekati. Sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat dari mereka untuk manusia, Khoirunnas Anfauhum Linnas”, lanjutnya.

Dan Bapak Wiwit juga berharap agenda sosial yang dilakukan oleh Badko HMI Jatim ini untuk bisa terus dilakukan kedepannya agar membawa efek dan kebaikan lebih besar nantinya. Karena agenda yang dilakukan di Bangkalan ini dihadiri kurang lebih 400 masyarakat desa tegar priya yang sangat antusias dari pagi hari mengikuti rangkaian acara ini. Ada yang hadir untuk memeriksa kesehatan, cabut gigi hingga mengantarkan anak mereka untuk melakukan khitan.

Diakhir pembukaan acara kami menemui saudara Moh. Abdul Chaq selaku Ketua Pelaksana agenda Bakti HMI untuk negeri ini menyampaikan “Agenda ini kami adakan berangkat dari rasa sadar dan tanggung jawab peran pemuda untuk negeri agar sekirannya tercapai masyarakat adil makmur yang di ridhoi oleh Allah SWT, tutupnya. (Munif)