Search
Close this search box.
11 Juli 2024

Mahasiswa Unitri Jalani Magang di Sejumlah Perusahaan

Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia Unitri jalani magang PT. Energi Agro Nusantara. (Foto: Ist / reportasemalang)
Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia Unitri jalani magang PT. Energi Agro Nusantara. (Foto: Ist / reportasemalang)

Bagikan :

Reportasemalang.comKota Malang, Sejumlah Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) angkatan 2019 dan 2020 mulai menjalankan program magang di beberapa perusahaan. Mahasiswa Unitri yang melaksanakan magang diantaranya berasal dari Program Studi Teknik Kimia dan Program Studi Arsitektur Lanskap.

Program magang ini dilaksanakan selama 4 bulan, dimulai bulan April 2023.

Kepala Program Studi Teknik Kimia, SP Abrina Anggraini, ST., MT, menyampaikan, ada sebanyak 8 Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia Unitri yang melaksanakan magang di PT. Energi Agro Nusantara (ENERO). Mereka adalah Agustinus Jama Nuna, Imelda Elda, Venansius Bahor, Fadha Teguh Pistan Aditina, Fetria Gole, Fernanda Yusuf Ramadhan, Ahmad Roykhan, dan Dede Santosa.

Seperti diketahui, PT Energi Agro Nusantara (ENERO) merupakan anak perusahaan PT Perkebunan Nusantara X. Pabrik ini mengolah molasses menjadi ethanol 99.5%. Perusahaan yang berada di Mojokerto ini berbasis bahan bakar energi terbarukan.

Dikatakan Abrina, meski baru tahun ini bekerjasama dengan PT ENERO Mojokerto, Program studi Teknik Kimia telah melakukan MoU dengan PT Perkebunan Nusantara X sejak tahun 2006 hingga saat ini.

“Ini yang pertama kali kita berangkatkan mahasiswa ke PT ENERO. Tetapi sebelumnya mahasiswa kami telah banyak melakukan kunjungan maupun magang di PT Perkebunan Nusantara X,” jelasnya.

Mahasiswa Program Studi Arsitektur Lanskap Fakultas Pertanian Unitri jalani magang di Taman Safari Indonesia II Prigen. (Foto: Ist / reportasemalang)
Mahasiswa Program Studi Arsitektur Lanskap Fakultas Pertanian Unitri jalani magang di Taman Safari Indonesia II Prigen. (Foto: Ist / reportasemalang)

Menurut Abrina, tak hanya mahasiswa yang merasa senang dengan adanya magang ini, PT ENERO juga menyambut baik kehadiran mahasiswa untuk melakukan kegiatan belajar di perusahaan tersebut. Mengingat, peluang untuk mahasiswa Teknik Kimia yang mau belajar di sana sangat besar.

“Karena PT ENERO membuka kesempatan lebar kepada seluruh mahasiswa agar dapat memanfaatkan kegiatan tersebut supaya nantinya tak hanya magang. Tetapi melanjutkan karir di dunia kerja,” ujarnya.

Karena itu Abrina berpesan agar mahasiswa dapat bertanggung jawab secara penuh di bidang keilmuannya dan tetap belajar dengan sungguh-sungguh. Kesempatan yang paling luar biasa ini, diharapkan dapat dimanfaatkan betul oleh mahasiswa selama berada di sana.

“Kita dikasih kesempatan sangat luar biasa untuk belajar semuanya, tidak hanya pajak, manajemen, teknisnya, semua akan di rolling. Sehingga tidak hanya belajar proses dan limbah, mahasiswa dapat belajar keilmuannya teknik kimia secara komplit. Tunjukkan bahwa mahasiswa mampu”

Selain 8 mahasiswa tersebut, sebelumnya Program Studi Teknik Kimia juga memberangkatkan dua mahasiswa atas nama Alfadina Omega Sikmenes dan Rani untuk magang di PT Samboja Inti Perkasa di Kalimantan. Serta dua mahasiswa atas nama Irfan Wahyudi dan Ephafras Sardio untuk magang di PT SDK-PMKS Batu Buil di Kalimantan.

“Sehingga total, prodi Teknik Kimia telah memberangkatkan 12 mahasiswa untuk magang di semester ini,” tandasnya.

Sementara itu, selain dari prodi Teknik Kimia, empat Mahasiswa Program Studi Arsitektur Lanskap Fakultas Pertanian UNITRI juga mulai mengikuti Magang Kerja Industri MBKM di Taman Safari Indonesia II Prigen. Mereka adalah Ronaldo Igo, Ferdinand J B, Ivenarius YB U, dan Robinson LP. dengan Mochammad Azkari H. A., S.P., M. Han, dan Ir. Hesti Triana Soelistyani, MS. sebagai dosen pembimbing magang kerja Industri MBKM.

“Kegiatan yang dilakukan selain mengantarkan mahasiswa juga dilanjutkan dengan diskusi dengan mahasiswa terkait tata tertib, site (lokasi). Serta mekanisme pemeliharaan lanskap di Taman Safari Indonesia II Prigen,” ujar Mochammad Azkari.

Sebagai tim pertama yang akan melaksanakan Magang Kerja Industri, Azkari berharap mahasiswa dapat lebih mengembangkan kemampuan, keterampilan, dan pengetahuan dalam bidang pemeliharaan lanskap dan perancangan lanskap.

“Tidak kalah penting juga adalah adaptasi, inovasi, dan kolaborasi dengan dunia kerja nyata, yaitu Taman Safari Indonesia II Prigen,” pungkasnya. (Agus N)