Search
Close this search box.
22 Juli 2024

Kuatkan Penerapan Artificial Intelligence, UB Jalin Kerjasama dengan Microsoft Indonesia

Penandatanganan MoU antara UB dengan Microsoft Indonesia. Foto: Agus N
Penandatanganan MoU antara UB dengan Microsoft Indonesia. Foto: Agus N

Bagikan :

Reportasemalang.comKota Malang, Universitas Brawijaya (UB) sebagai salah satu perguruan tinggi besar di Indonesia, terus berupaya menuju world class university. Dengan melakukan hal-hal bersifat fundamental untuk menghadapi perubahan jaman yang mengarah pada Artificial Intelligence (AI) dan digital.

Rektor UB, Prof Widodo SSi MSi PhD Med Sc menyampaikan, pengetahuan AI dan digital saat ini menjadi pengetahuan yang wajib dikuasai oleh mahasiswa. Agar mereka nantinya mampu beradaptasi dengan perubahan jaman kedepan.

Karena itu, untuk mewujudkan hal tersebut tentu UB sudah membuat beberapa program dan sarana prasarana. Diantaranya UB sudah memfasilitasi sejumlah komputer dengan internet akses yang sangat cepat.

“Kemudian hari ini juga kami bekerjasama dengan Microsoft. Yang mana Microsoft ini merupakan salah satu perusahaan di bidang AI dan digital,” ujarnya.

“Sehingga dalam program ini nanti Microsoft akan banyak memberikan fasilitas kepada mahasiswa untuk pengetahuan di bidang digital dan juga untuk sertifikasi di bidang AI dan digital,” imbuhnya.

Rektor UB dan Presiden Direktur Microsoft Indonesia menunjukkan MoU yang telah ditandatangani. Foto: Agus N
Rektor UB dan Presiden Direktur Microsoft Indonesia menunjukkan MoU yang telah ditandatangani. (Foto: Agus N / reportasemalang)

Sementara itu Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Dharma Simorangkir, mengaku ini merupakan kesempatan bagi Microsoft di seluruh dunia di tiap negara. Dimana microsoft beroperasi selalu punya misi untuk membawa dampak terhadap negara itu.

“Kami rasa di Indonesia terutama itu bagaimana Indonesia menjadi Indonesia maju, kalau tidak melalui talenta-talenta di Indonesia. Talenta yang paling utama pasti dari lulusan Universitas,” ucapnya.

Karena itu dari Microsoft akan membawa teknologi-teknologi dan juga ekosistem Microsoft. Sebab Microsoft merupakan leading company di bidang AI sehingga akan menerapkan bagaimana AI bisa digunakan tidak hanya di Fakultas Teknik saja, tapi di seluruh fakultas yang ada di UB.

“Bagaimana mahasiswa dan juga dosen bisa implementasi teknologi yang sudah ada dan bisa berinovasi diatas teknologi itu,” tuturnya.

Selain itu, Microsoft juga membawa sertifikasi yang bisa menambah lulusan dan mahasiswa UB untuk memiliki kemampuan dan capability yang bisa langsung digunakan di dunia industri, dunia usaha maupun untuk membangun stratup.

Menurut Dharma, UB dengan 70 ribu lebih mahasiswa dan 2.600 dosen dan berada di timur Indonesia sehingga sangat penting untuk pemerataan skil dan talenta digital. Sehingga dengan bekerjasama dengan UB kami harapkan juga inovasi terjadi di seluruh wilayah di Indonesia termasuk di Malang.

“Microsoft open dengan semua Universitas, tapi saya bisa bilang UB adalah salah satu yang pertama yang terdepan untuk melakukan ini,” pungkasnya. (Agus N)