Search
Close this search box.
12 Juli 2024

Kolaborasi Dosen UNITRI Bantu Kembangkan Industri Rumahan Onde-Onde Ubi Ungu Al-Karim

Penyerahan peralatan modern kepada Industri Rumahan Onde-Onde Ubi Ungu Al-Karim. (Foto: Ist/reportasemalang)

Bagikan :

Reportasemalang – Tiga dosen Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) berkolaborasi menjalin kemitraan dengan berbagai elemen masyarakat. Termasuk dengan pemilik industri rumahan Onde-Onde Ubi Ungu Al-Karim yang berlokasi di Dusun Tungu, Desa Kayangan, Kecamatan Diwek.

Ketiga dosen ini adalah Umi Rofiatin SP MMA (Fakultas Pertanian), Dr Ir Agnes Quartina Pudjiastuti MS (Fakultas Pertanian) dan Suhudi ST MT (Fakultas Teknik).

Dijelaskan Umi, program kemitraan masyarakat ini bertujuan untuk membantu meningkatkan produksi, manajemen usaha, dan pemasaran industri rumahan Onde-Onde Ubi Ungu Al-Karim.

Menurut Umi, sebelumnya, pemilik industri ini masih menggunakan metode manual yang memakan waktu lebih lama. Karena itu, dosen UNITRI memberikan bantuan berupa alat pengaduk dan peralatan modern lainnya untuk membantu meningkatkan efisiensi produksi.

“Hal ini akan membantu pemilik industri untuk memenuhi permintaan pelanggan dengan lebih cepat dan dalam jumlah yang lebih besar,” jelasnya.

Diskusi dosen UNITRI dengan pemilik industri rumahan Onde-Onde Ubi Ungu Al-Karim. (Foto: Ist/reportasemalang)

Selain meningkatkan produksi, kolaborasi para dosen UNITRI ini juga bertujuan untuk meningkatkan manajemen usaha Onde-Onde Ubi Ungu Al-Karim. Sebab, banyak usaha kecil dan rumahan seringkali kurang memiliki pemahaman yang cukup tentang pembukuan dan analisis biaya dan pendapatan.

“Kami juga memberikan pelatihan dan penyuluhan tentang pembukuan sederhana. Serta cara melakukan analisis biaya dan pendapatan yang efektif,” ungkapnya.

“Ini akan membantu pemilik usaha untuk lebih baik dalam mengelola keuangan mereka dan membuat keputusan yang lebih cerdas dalam mengembangkan usaha mereka,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, tiga dosen UNITRI ini juga memberikan pelatihan tentang pemasaran online. Termasuk bagaimana memanfaatkan media sosial dan platform e-commerce untuk memperluas jangkauan pasar. Sebab pemasaran online telah menjadi salah satu aspek yang sangat penting dalam bisnis modern.

“Sebelum kolaborasi ini, Onde-Onde Ubi Ungu Al-Karim memiliki keterbatasan dalam hal pemasaran,” ungkapnya.

Selain itu, mereka juga melatih pemilik usaha dalam membuat label kemasan yang menarik dan mengenali merek mereka.

“Karena ini akan membantu produk mereka lebih dikenal dan diminati oleh pelanggan baru,” tandasnya.

Disampaikan Umi, kemitraan antara dosen TIM UNITRI dan pemilik industri rumahan Onde-Onde Ubi Ungu Al-Karim adalah contoh nyata bagaimana pendidikan tinggi dapat berperan dalam menggerakkan perekonomian lokal. Melalui kolaborasi ini, pemilik usaha lokal mendapatkan bantuan yang sangat berharga untuk meningkatkan produksi, manajemen usaha, dan pemasaran mereka.

“Ini tidak hanya bermanfaat bagi pemilik usaha, tetapi juga berdampak positif pada ekonomi dan masyarakat setempat. Semoga kemitraan semacam ini dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat di seluruh Indonesia,” pungkasnya.