Search
Close this search box.
14 Juni 2024

Ketum HMI Koorkom UMM Serukan Semangat Kolaborasi di Milad HMI ke-76

Reportasemalang
Di hadiri narasumber dari Ketum HMI Cabang Malang, Ketum KOHATI HMI Cabang Malang, dan Ketum BPL HMI Cabang Malang. (Foto: Laili/reportasemalang)

Bagikan :

ReportasemalangKabupaten Malang, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menginjak usia 76 tahun per tanggal 5 Februari kemarin.

Himpunan Mahasiswa Islam Koordinator Komisariat Universitas Muhammadiyah Malang (HMI Koorkom UMM) merayakan milad HMI dengan mengadakan dialog perkaderan dengan tema “Refleksi 76 Tahun HMI dan Kolaborasi di Era 5.0” di Pasadena Cafe, Malang (5/2/23).

Acara ini dihadiri oleh Ketua umum HMI Cabang Malang, Ketua umum Kohati Cabang Malang, Ketua umum Badan Pengelola Latihan (BPL) HMI Cabang Malang dan seluruh komisariat HMI dalam lingkup HMI Cabang Malang khusunya seluruh komisariat di universitas Muhammadiyah Malang.

Ketua umum HMI Koorkom UMM, Imam Abusyiri mengaku bersyukur bisa dibesarkan oleh kehidupan ala HMI.

“Dalam momentum milad HMI yang ke 76 ini, mari kita semua mengucap syukur. Bersyukur karena telah dibesarkan dalam keluarga himpunan mahasiswa Islam. Kita semua ditempa didalam kawah yang sama, karenanya kita semua bersaudara,” kata pria yang akrab disapa Imam ini.

Menurutnya, tantangan besar bagi kader HMI adalah dua hal. Dua hal tersebut, lanjut Imam, yakni ketahanan mental dan keteladanan.

“Siapa yang tak tahu bahwa HMI sudah banyak melahirkan tokoh-tokoh nasional? Semua orang tahu itu. Tapi apakah kita kemudian bisa melebihi capaian-capaian masa lalu itu? Itu poin saya. Yang perlu kita perhatikan hari ini adalah ketahanan mental kita semua dan bagaimana kita bisa menjadi teladan bagi orang banyak dan dalam banyak hal,” tuturnya.

Imam mengajak segenap audien yang hadir dalam acara tersebut untuk melanjutkan cita-cita HMI. Menurut Imam, di Era 5.0 cita-cita HMI bisa diaplikasikan dalam banyak hal.

“Kuncinya daripada itu semua adalah kolaborasi. Kolaborasi diantara kader HMI. Kader dan pengurus. Dan yang juga penting kolaborasi kita semua sebagai kader HMI dengan society yang lebih luas. Hal itu penting agar positioning kita jelas sebagai kader umat dan kader bangsa,” kata Imam.

“Mari mengucap bismillah dan alhamdulilah atas usia HMI yang telah menginjak 76 tahun. Usia yang tak lagi muda. Kita hadapi tantangan kedepan dengan semangat kolaborasi,” pungkasnya. (Imam)