Search
Close this search box.
14 Juni 2024

KELUARGA BARU SAHABAT HWDI MENDAPAT EDUKASI INKLUSI MELALUI SOSIALISASI

Sosialisasi HWDI.
Sosialisasi HWDI. Foto: IST/reportasemalang

Bagikan :

Reportasemalang, 11 Juni 2023 – Hari ini, Himpunan Wanita  Disabilitas Indonesia (HWDI) dengan bangga mengumumkan bahwa Sosialisasi Volunteer “Sahabat HWDI” yang diselenggarakan untuk membahas perspektif disabilitas dan etika berkomunikasi dengan disabilitas telah berhasil dilaksanakan pada tanggal 11 Juni 2023 di Malang Creative Centre.

Acara ini merupakan langkah penting dalam memperkuat kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang isu-isu yang berkaitan dengan disabilitas. Sosialisasi Volunteer “Sahabat HWDI” bertujuan untuk mempersiapkan para volunteer yang peduli dengan disabilitas dan ingin berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang inklusif bagi mereka.

Dalam acara ini, para peserta diajak untuk mempelajari perspektif disabilitas yang beragam, serta mendapatkan pemahaman mendalam tentang tantangan dan kebutuhan yang dihadapi oleh individu dengan disabilitas. Materi yang disampaikan meliputi informasi tentang jenis-jenis disabilitas, aksesibilitas, hak-hak disabilitas, dan bagaimana membangun hubungan yang inklusif dengan mereka.

Salah satu fokus utama sosialisasi ini adalah etika berkomunikasi dengan disabilitas. Peserta diberikan panduan praktis tentang cara berkomunikasi secara efektif dengan individu yang memiliki berbagai macam disabilitas. Melalui pemahaman yang lebih baik tentang cara berkomunikasi yang sensitif dan inklusif, diharapkan para peserta dapat membantu menciptakan lingkungan yang lebih ramah dan berdaya bagi orang-orang dengan disabilitas.

Mbak-mbak volunteer ini kan yang akan membantu HWDI di bidang akomodasi, jadi mereka harus tahu betul cara menolong kami” ucap siswinarsih ketua HWDI cabang malang. Melalui program ini, kami berharap dapat mempersiapkan para relawan kami untuk menjadi sahabat dan pendukung bagi individu dengan disabilitas. Kami percaya bahwa setiap orang memiliki potensi untuk berkontribusi dalam menciptakan masyarakat yang inklusif dan adil bagi semua.

Dalam sosialisasi ini ditutup dengan pembagian job desk volunteer yang diantaranya adalah, Administrasi, Konten Planner, Desainer grafis dan akomodasi. Tidak lupa dengan tanda tangan Kontrak yang sesuai dengan perjanjian awal selama 1 Periode dimulai dari sosialisasi ini.

HWDI berterima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam Sosialisasi Volunteer “Sahabat HWDI” dan berkomitmen untuk terus bekerja sama dalam mempromosikan inklusivitas dan kesetaraan bagi semua individu, termasuk mereka yang memiliki disabilitas.

Penulis : Sahwahita Creative

Instansi : Universitas Muhammadiyah Malang