Search
Close this search box.
13 Juni 2024

Hari Terakhir Road to Fesyar, Dorong Potensi Ekonomi Syariah di Malang

Reportasemalang
Foto bersama dengan pemenang lomba wirausaha muda syariah. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Bagikan :

ReportasemalangKota Malang, Hari terakhir Road to Festival Syariah (Fesyar) tahun 2022 yang diselenggarakan KPwBI Malang diisi dengan gelaran Talkshow. Menghadirkan tiga orang narasumber, Talkshow ini membahas Sinergi Ekonomi Syariah dan Geliat Ekonomi Syariah di sekitar Malang.

Deputi Perwakilan BI Jatim, Rizky Ernadi Wimanda mengatakan, secara global, potensi ekonomi syariah luar biasa. Apalagi Indonesia memiliki jumlah penduduk muslim terbesar di dunia.

Reportasemalang
Deputi Kepala Perwakilan BI Jatim, Riski Ernadi Wimanda, dan Deputi Kepala Perwakilan BI Malang, Doddi Sartono. (Foto: Agus N/reportasemalang)

“Namun sayangnya belum banyak produk-produk halal yang muncul. Tapi justru di negara-negara non muslim yang banyak memproduksi produk berlabel halal,” ujarnya usai menghadiri penutupan Road to Festival Syariah (Fesyar) tahun 2022.

Menurut Rizky, sebenarnya ini merupakan kesempatan bagi pengusaha muda di Indonesia untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produknya. Karena pasar halal luar biasa.

Apalagi, saat ini pemerintah sudah memfasilitasi sertifikasi halal gratis.

“Jadi nanti kalau ada pengusaha yang ingin dibantu untuk sertifikasi halal, datang saja ke BI, pasti akan dibantu. karena BI selalu suport untuk masalah syariah, terutama sertifikasi halal,” ungkapnya.

Lebih lanjut Rizky mengaku dirinya sepakat terkait apa yang disampaikan para mentor. Salah satunya Diva Velda Hanifa (Owner Oh My Gethuk). Bahwa dalam berusaha harus berani memiliki mimpi, yakin bisa, mampu mapping pasar, fokus pada target, banyak belajar dari orang-orang sukses, dan lainnya. Dimana potensi di bidang kuliner, fashion, kriya, dan kosmetik, captive marketnya sangat luar biasa.

“Ketika produk kita berkarakter dan bagus, kualitas bagus, maka tak usah galau. Sebab pasar yang akan mendatangi kita, mencari produk kita. Dan sasaran potensial itu mahasiswa, karena mereka maunya barang bagus dan murah,” tandasnya.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut, diumumkan pula pemenang Lomba Wirausaha Muda Syariah 2022. Dimana juara 1 diraih oleh Pai Ngalam, juara 2 Kooka, dan juara 3 Leswan Leather. Sementara harapan 1 oleh Senjoji dan harapan 2 oleh Bikin Nagih.

Selain itu, Talkshow ini juga diisi oleh tiga narasumber yakni Coach Edwin Indarto (Founder Akeyodia), Diva Velda Hanifa (Owner Oh My Gethuk) dan Anang Hery Anshori – Area Manager Bank Syariah Indonesia Malang. (Agus N)