Search
Close this search box.
12 Juli 2024

Gelar Career Bootcamp, Mavendra Training Center dan Career Center FIA UB Siapkan Mahasiswa di Dunia Kerja

Reportasemalang
Career Bootcamp FIA UB. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Bagikan :

Reportasemalang – Bekerjasama sejak Agustus 2023, Mavendra Training Center dan Career Center FIA Universitas Brawijaya mengadakan Career Bootcamp kedua pada 4-7 Maret 2024, di Aula Gedung E Lantai 10 FIA UB.

Setelah event pertama terselenggara dengan apik pada November 2023, keduanya kembali optimis untuk terus menyelenggarakan event-event bermanfaat bagi para mahasiswa, khususnya terkait persiapan karier di masa depan.

Founder Mavendra Group, Mohammad Cahyadi menjelaskan, Career Bootcamp ini tidak hanya mengajak para mahasiswa mempersiapkan diri semata, Mavendra Training Center dan Career Center FIA Brawijaya berkomitmen untuk menambah wawasan para mahasiwa terkait plus-minus dunia kerja.

“Termasuk soal bagaimana menyikapi realitas gaji yang kadang tidak selalu sesuai dengan ekspektasi,” jelasnya, Kamis (7/3/2024).

Reportasemalang
Penyerahan cindera mata. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Selain itu, para peserta juga dilatih bagaimana merancang CV serta portofolio yang efektif, sehingga mereka siap memasuki dunia kerja profesional.

Para peserta yang hadir akan mendapatkan beberapa benefit, di antaranya, CV Writing, Psycho Test Preparation, Interview Preparation, Sharing Session with Practitioners, Certificate dan lain-lain.

“Jadi, para mahasiswa tidak hanya disuguhkan dengan teori-teori mengenai dunia kerja, namun juga praktik langsung dengan berkonsultasi bersama para ahli sesuai bidangnya,” tuturnya.

“Nantinya setiap bulan kita adakan Career Bootcamp semacam ini. Dengan pemateri yang berbeda-beda,” terang Cahyadi.

Lebih lanjut, Ketua unit Career Center Dr. Gunawan Eko Nurjahjono.s.Sos.,M.SI. menjelaskan, career center untuk menjembatani bagaimana nanti mahasiswa setelah lulus punya kesiapan di dunia kerja.

“Pembekalan diberikan kepada mahasiswa semester 4 dan 6 agar mereka siap. Jadi nanti setelah mereka kuliah, mereka sudah siap bekerja.

Menurut Gunawan, career center juga sebagai fasilitator untuk nantinya mahasiswa bisa mengembangkan karier. Karena memang career center tujuannya adalah mempersiapkan mahasis sebelum lulus.

“Sehingga mereka dibekali kemampuan dan keterampilan. Bagaimana membuat lamaran CV yang bagus dan juga bagaimana nantinya mahasiswa itu bisa setelah lulus langsung tertarik di dunia kerja,” tandasnya.

Sementara itu salah satu narasumber, Head of Trade Marketing Scarlet, Triarso Wijasena mengatakan, dalam Bootcamp ia banyak berbagi pengalaman dengan para mahasiswa.

Menurut Triarso, dulu orang harus bekerja secara struktural dan terikat secara administratif. Tapi sekarang melalui affiliate marketing membuka kesempatan semua orang untuk bisa menjadi tenaga penjual. Tidak harus jadi karyawan.

“Tidak harus kerja kantoran, bisa dari rumah,” ucapnya.