Search
Close this search box.
13 Juni 2024

Gali Potensi Siswa SD/MI, MTs Almaarif 01 Singosari Gelar Olimpiade dan Lomba Seni

Reportasemalang
Lomba Seni tingkat SD/MI se Jawa Timur. (Foto: Ist/reportasemalang)

Bagikan :

ReportasemalangKabupaten Malang, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Almaarif 01 Singosari, Kabupaten Malang kembali menggelar Olimpiade dan Lomba Seni tingkat SD/MI se – Jawa Timur. Dengan total hadiah puluhan juta rupiah.

Diikuti 1.111 siswa-siswi dari 55 SD/MI, acara dua tahunan ini memperlombakan delapan (8) jenis lomba. Yaitu, Olimpiade Matematika, Olimpiade IPA, PAI, IPS, Bahasa Inggris, Lomba Seni vokal grup satu suara, Seni Albanjari dan Seni FBB Pramuka.

Kepala MTs Almaarif 01 Singosari, Dwi Retno Palupi, MPd, menyampaikan, tujuan dari acara ini adalah untuk menjalin silaturahmi. Sekaligus memberikan wadah bagi para siswa-siswi untuk berkompetisi dan menunjukkan potensinya masing-masing.

Reportasemalang
Kepala MTs Almaarif 01 Singosari, Dwi Retno Palupi, bersama para pemenang. (Foto: Ist/reportasemalang)

“Sebagai ajang untuk menggali potensi anak-anak di bidang ilmu pengetahuan, agama, bahasa dan seni,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (4/2/2023).

Menurut Palupi sapaan akrabnya mengatakan, antusias peserta Olimpiade dan Lomba Seni sangat tinggi. Bahkan menjadi agenda yang sudah ditunggu-tunggu oleh para peserta.

“Pasti kalau sudah memasuki bulan Desember dan Januari, banyak SD MI yang menelpon untuk menanyakan terkait agenda ini,” ungkapnya.

Karenanya, jumlah peserta bisa mencapai 1.111 orang. Yang terbagi 765 peserta Olimpiade dan dan 346 peserta lomba seni.

Dimana Olimpiade IPA sebanyak 171 peserta, Olimpiade IPS 86 peserta, Olimpiade PAI 199 peserta, Olimpiade Matematika 176 peserta dan Olimpiade Bahasa Inggris 133 peserta.

“Sementara Lomba Seni terbagi 32 grup. Dimana Lomba Albanjari 16 grup (160 siswa), Vocal Group 9 grup (116 siswa) dan FBB Pramuka 7 grup (70 peserta),” sebutnya.

Dijelaskan Palupi, untuk babak penyisihan Olimpiade dilakukan secara online. Sedangkan babak final dilakukan offline di MTs. Almaarif 01 Singosari.

“Jadi para peserta yang hadir langsung saat ini merupakan 30 finalis dengan nilai tertinggi dari masing-masing mata pelajaran. Kemudian dilombakan lagi untuk mendapatkan pemenang,” terangnya.

Terkait hadiah lanjut Palupi, pihaknya telah menyiapkan total puluhan juta rupiah. Mulai dari Tropy, sertifikat, medali, uang pembinaan, hingga voucher PPDB untuk masuk di MTs. Almaarif 01 Singosari.

“Khusus untuk hadiah uang pembinaan dan voucher PPDB, diberikan kepada juara 1, 2 dan 3,” ucapnya.

Lebih lanjut Palupi mengatakan, sedikit berbeda dengan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya. Gelaran Olimpiade dan Lomba Seni kali ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan satu abad Yayasan Pendidikan Almaarif.

“Untuk Olimpiade dan Lomba Seni ini sebenarnya juga satu rangkaian satu abad Yayasan Pendidikan Almaarif. Dimana acara puncaknya digelar bulan Mei mendatang,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Yayasan Pendidikan Almaarif, H Basuki SPdI mengapresiasi gelaran Olimpiade dan Lomba Seni tersebut. Sebagai upaya MTs Almaarif 01 Singosari untuk mewadahi dan menggali potensi para peserta.

“Semoga kegiatan ini membawa berkah bagi MTs Almaarif 01 Singosari. Dan selamat bagi para pemenang,” tuturnya.

Senada, Pengawas Bina MTs Almaarif 01 Singosari, Yuli Nur Rohmawati MPd turut menyampaikan ucapan selamat kepada para pemenang.

“Semoga dengan digelarnya Olimpiade dan Lomba Seni ini, dapat menumbuhkan generasi yang cerdas intelegensi, cerdas emosi dan berspiritualitas tinggi. Serta bermental kompetitif serta juara,” pungkasnya. (Agus N)