Search
Close this search box.
15 Juli 2024

Forkopimda Kabupaten Malang Melaksanakan Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila

Reportasemalang
Forkopimda Kabupaten Malang ikuti pelaksanaan upacara peringatan Lahir Pancasila di Pendopo Agung Kabupaten Malang. (Foto: Ist/reportasemalang)

Bagikan :

ReportasemalangKabupaten Malang, Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni, memiliki makna sejarah yang sangat dalam, dimana pada tanggal tersebut untuk pertama kalinya Ideologi Negara Indonesia yaitu Pancasila dicetuskan.

Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat bersama Forkopimda Kabupaten Malang dalam memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2022 ini mengikuti Upacara secara daring dengan Presiden Republik Indonesia yang bertempat di Pendopo Agung Kabupaten Malang. Rabu (1/6/2022).

Adapun Anggota Polres Malang yang mengikuti Upacara secara daring dengan Presiden RI ini diwakili oleh Para Kabag, Para Kasat dan ASN yang bertempat di Gedung Rupatama Polres Malang dengan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19.

Upacara yang dilaksanakan secara daring melalui akun YouTube ‘Sekretariat Presiden’ tersebut dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang bertempat di Lapangan Pancasila, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Upcara dipimpin oleh Presiden Joko Widodo yang dilaksanakam secara daring. (Foto: Ist/reportasemalang)

Merupakan sejarah baru bagi Bangsa Indonesia bahwa pelaksanaan Peringatan Harlah Pancasila ini pertama kali bertempat di Kabupaten Ende, NTT. Dimana sebelumnya Upacara dilaksanakan di gedung Pancasila, Ibukota Jakarta.

Di Kabupaten Ende, tepatnya di Taman Pancasila, disinilah tempat Presiden Pertama RI Soekarno menggali nilai-nilai luhur bangsa dan merumuskan Pancasila.

Melansir dari situs resmi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 kali ini mengambil tema “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menghidupkan Pancasila dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-ahri.

“Merupakan tugas seluruh komponen bangsa untuk menjadikan Pancasila sebagai Ideologi yang bisa dirasakan kehadirannya dan manfaatnya untuk seluruh tumpah darah Indonesia,” Ucap Presiden.

Lebih lanjut, Presiden Joko Widodo juga mengajak seluruh Pemimpin Bangsa, Tokoh Masyarakat, Pejabat Pemerintah, Para Pendidik, Para Pemimpin Partai Politik, Para Pemimpin Tokoh Ormas dan Pemimpin lainnya untuk menjadi teladan dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

Mengutip tema yang diambil pada Harlah Pancasila 2022 di era Pandemi Covid-19 ini, diharapkan seluruh masyarakat mampu untuk bangkit bersama, menjadi pelaku utama dalam memerangi Covid-19.

Sehingga Upacara ini tidak hanya sebagai ceremonial saja, namun juga mampu untuk menghidupkan nilai-nilai Pancasila menjadi pedoman dan suri tauladan di kehidupan sehari-hari. (Kuncoro)