Search
Close this search box.
14 Juli 2024

Expo PKM dan PMW Pamerkan Hasil Inovasi Mahasiswa FTP UB

Expo PKM dan PMW FTP UB. (Foto: Agus N/reportasemalang)
Expo PKM dan PMW FTP UB. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Bagikan :

Reportasemalang – Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB) menggelar Expo Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). Bertempat di halaman Gedung FTP UB, Senin (18/9/2023).

Wakil Dekan III​ FTP UB, Dr. Ir. Mochamad Bagus Hermanto, S.TP., M.Sc. menjelaskan, Expo FTP ini untuk memfasilitasi para mahasiswa yang mendapatkan pendanaan PKM maupun PMW. Agar bisa memamerkan sejumlah produk maupun inovasi yang mereka hasilkan.

Menurutnya, dibandingkan yang lain, FTP ini paling banyak mendapatkan pendanaan di UB. Diantara 112 kelompok, FTP mendapatkan 18 kelompok PKM ditambah 11 kelompok PMW yang mendapatkan pendanaan.

“Karena itu kami fasilitasi dengan mengadakan expo. Untuk memamerkan produ-produk hasil inovasi mereka,” jelasnya.

Salah satu hasil inovasi yang di pamerkan. (Foto: Agus N/reportasemalang)
Salah satu hasil inovasi yang di pamerkan. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Selain itu, lanjut Bagus, Expo ini juga memberikan informasi kepada masyarakat. Sekaligus memotivasi Mahasiswa Baru (Maba) supaya mereka nantinya bisa ikut terlibat menghasilkan inovasi.

“Sama seperti kakak tingkat mereka yang sudah berhasil mendapatkan pendanaan dan menghasilkan inovasi,” ujarnya.

Produk yang dipamerkan paling banyak merupakan hasil riset eksakta, pengabdian masyarakat dan penerapan Iptek. Sedangkan dana yang disalurkan hampir sekitar 6 juta per kelompok.

“Tapi sebelum didanai, ada seleksi dulu. Proposal mana yang benar-benar berkualitas,” tuturnya.

Warek III UB dan Wadek III FTP UB. (Foto: Agus N/reportasemalang)
Warek III UB bersama Wadek III FTP UB. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Nantinya hasil produk dan riset tersebut akan dilakukan rekognisi mata kuliah yang berpengaruh pada jumlah SKS. Bahkan dirinya berharap, mahasiswa yang terlibat dalam proses hilirisasi dapat mengaplikasikan teknologi yang dikembangkan ke berbagai sektor.

“Bagi mahasiswa yang lolos atau menjadi finalis di PIMNAS, kerja keras tersebut akan dikonversikan hingga 6-10 sks. Bahkan mahasiswa yang beruntung dapat bebas ujian hingga bebas skripsi. Sehingga jerih payah mahasiswa yang bermanfaat luas itu dihargai oleh pihak FTP UB,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor (Warek) III UB, Dr Setiawan Noerdajasakti SH MH mengapresiasi gelaran Expo FTP. Dengan harapan setelah mahasiswa lulus, nanti juga harus mengembangkan dan memilih salah satu diantara tiga hal.

Apakah mereka setelah lulus langsung bekerja, melanjutkan studi atau menjadi wirausaha. Untuk menjadi wirausaha, salah satu upayanya adalah melalui exspo.

“Setelah mereka lulus, diharapkan untuk terus mengembangkan bidang kewirausahaan ini,” pungkasnya.