Search
Close this search box.
11 Juli 2024

Dies Natalis ke -26, FTP UB Launching Kantor Layanan Terpadu Hingga Corporate Laboratory

Reportasemalang
Rektor UB tinjau Kantor Layanan Terpadu FTP UB. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Bagikan :

Reportasemalang – Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB) Malang, melaunching berbagai fasilitas baru dan sarana prasarana (sarpras). Bertepatan dengan perayaaan Dies Natalies ke -26 FTP UB, Kamis (25/1/2024).

Fasilitas dan sarpras yang dilaunching meliputi Bio AI Center, CoE Biorefinery & Bioenergi, Corporate Laboratory dan Unit Layanan Terpadu. Termasuk melaunching 50 UMKM yang sudah tersertifikasi Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB) binaan FTP UB.

Rektor UB Malang, Prof. Widodo, S.Si, Ph.D, Med.Sc., menyampaikan apresiasinya terhadap capaian dan beragam inovasi yang telah dihasilkan FTP UB Malang. Seperti program Zona Integritas (ZI), Center Of Excellence (COE), Corporate Laboratorium dan banyak lainnya, yang dinilai menunjang kinerja Perguruan Tinggi.

“Hari ini dilaunching COE, dimana FTP merupakan satu-satunya fakultas di UB yang memiliki dua COE. Kemudian ada corporate laboratorium yang merupakan salah satu misi UB, yakni bisa kerjasama dengan industri untuk menghasilkan sejumlah inovasi. Nah FTP ini menjadi leading sektor untuk membuat corporate laboratorium kerjasama dengan Pupuk Indonesia,” ungkapnya.

Reportasemalang
Rektor UB meninjau peralatan yang ada di Corporate Laboratory. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Selain itu, yang membuat Prof. Widodo bangga dengan FTP UB, adalah jumlah dosen yang bergelar Profesor di Fakultas tersebut sudah mencapai 20 persen. Dimana hal ini menjadi capaian yang luar biasa dan merupakan golden standart dari Pendidikan Tinggi di Indonesia.

“Nah ini kita apresiasi, kinerjanya bagus, dosennya bersemangat, karya ilmiahnya banyak, sehingga mahasiswanya juga bisa belajar dengan baik. Dan alumninya bisa mudah bekerja dan berkontribusi dalam pembangunan di Indonesia,” tuturya.

Sementara itu Dekan FTP UB, Prof. Yusuf Hendrawan menjelaskan bahwa rangkaian acara dies natalis ke-26 FTP UB diisi dengan berbagai acara. Salah satunya berkaitan dengan zona integritas untuk menuju WBBM atau wilayah birokrasi bersih melayani.

“Kita membangun satu kantor terpadu untuk akademik kemahasiswaan. Sehingga meningkatkan kualitas layanan transparansi dan juga profesionalitas dalam bekerja,” jelasnya.

Reportasemalang
Rektor UB mininjau inovasi karya mahasiswa FTP UB. (Agus N/reportasemalang)

Selain itu, berkaitan dengan program unggulan Rektor sekaligus menjawab keinginan Wakil Rektor 5 agar memiliki corporate laboratorium. FTP jadi yang pertama di lingkungan UB yang meresmikan corporate laboratorium.

“Terima kasih kepada PT Pupuk Indonesia yang telah membantu kami dengan memberi berbagai alat kebutuhan laboratorium. Mungkin mohon nanti ada bantuan dari UB untuk penambahan alat-alat,” ucapnya.

FTP UB saat ini juga memiliki mili prospektus. Ada berbagai jenis layanan yang tersedia di sana, salah satunya konsultan untuk zona integritas.

“Sejalan program unggulan Rektor. Kita menambah eksistensi Center of Excellence (CoE), tahun kemarin kita sudah memiliki CoE umbi dan rimpang, hari ini kita meresmikan CoE biorefinery & bioenergi, CoE energi terbarukan dan teknologi pengolahan limbah ini siap menjadi cikal bakal pengolahan limbah untuk perusahaan,” jelas Dekan.

FTP UB juga meresmikan pengembangan kecerdasan buatan dengan membentuk kompartemen Bio Artificial Intelligence (AI) center. AI ini akan mempermudah dosen, mahasiswa, maupun guru besar untuk penelitiannya.

“Bio Center ini akan mempermudah khususnya bagi penelitian bidang hayati. Saat ini kita punya visi untuk one professor one kompartemen. Jadi setiap kompartemen apapun itu harus dikepalai oleh satu Profesor. Ini untuk mewujudkan jabatan kepala kompartemen itu menjadi jabatan bergengsi,” pungkas Prof Yusuf Hendrawan.