Search
Close this search box.
12 Juli 2024

Desa Sonowangi Kabupaten Malang Kini Miliki Rumah Desa Sehat

Reportasemalang
Asisten Bupati 1 Kabupaten Malang, Suwadji., S.IP., M.Si. meresmikan Rumah Desa Sehat. (Foto: Ist/reportasemalang)

Bagikan :

ReportasemalangKabupaten Malang, Desa Sonowangi, Kecamatan Ampelgading kini resmi memiliki Rumah Desa Sehat (RDS). Diresmikan Asisten 1 Kabupaten Malang, Suwadji S.IP .MSi, Kamis (22/9/2022).

Dijelaskan, RDS merupakan sekretariat bersama bagi para pegiat pemberdayaan masyarakat dan pelaku pembangunan Desa di bidang kesehatan.

“RDS berfungsi sebagai ruang literasi kesehatan, pusat penyebaran informasi kesehatan dan forum advokasi kebijakan di bidang kesehatan,” jelas Suwadji,” usai melakukan pemotongan pita peresmian RDS Sonowangi.

Menurutnya, yang dimaksud dengan pegiat pemberdayaan masyarakat dan pelaku pembanguan Desa adalah Kader Posyandu, guru PAUD, kader kesehatan, unit layanan kesehatan, unit layanan pendidikan, kader PKK, Karang Taruna, tokoh masyarakat. Dan berbagai kelompok masyarakat yang peduli dalam upaya pencegahan stunting.

“Kehadiran RDS dimaksudkan untuk membantu pemerintah Desa dalam pengelolaan sumber daya manusia utamanya di bidang kesehatan,” tuturnya.

Disampaikan Suwadji, RDS merupakan forum bagi masyarakat Desa untuk memperkuat daya tawar dalam mengadvokasi kebijakan pembangunan Desa untuk pemenuhan akses layanan kesehatan di Desa.

Advokasi kebijakan kesehatan dimaksud antara lain, identifikasi dan analisis basis data layanan dasar, musyawarah dusun dan diskusi tematik (termasuk tentang review perencanaan Desa), fasilitasi kegiatan Usaha Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM), kunjungan keluarga rentan, penyusunan SPM Desa, pengembangan media komunitas, dan sebagainya.

“Diharapkan dengan adanya rumah desa sehat ini, pelaksanaan program kesehatan konvergensi stunting di desa menjadi lebih maksimal,” pungkasnya. (Agus N)