Search
Close this search box.
22 Juli 2024

Belasan Ribu Maba UB Ikuti PK2MABA, Ditekankan Pada Karakter Brawijaya

Ribuan Maba UB Ikuti PK2MABA. (Foto: Ist/reportasemalang)
Ribuan Maba UB Ikuti PK2MABA. (Foto: Ist/reportasemalang)

Bagikan :

Reportasemalang – Belasan ribu Mahasiswa Baru (Maba) Universitas Brawijaya (UB) mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2MABA). Dimana kegiatan ini ditujukan untuk menggali kompetensi dan prestasi masing-masing mahasiswa baru.

Rektor UB Prof. Widodo, S.Si.,M.Si.,Ph.D.Med.Sc, menyampaikan, dalam pelaksanaan PK2MABA ini, mahasiswa baru diberikan beberapa materi tentang karakter Brawijaya dan lain sebagainya.

“UB punya karakter Brawijaya. Intinya kita ingin membekali mahasiswa agar memiliki karakter yang nasionalis, religius, setia kawan, dan memahami Bhinneka Tunggal Ika. Kemudian keberagaman, inklusif dan berwawasan global,” ujarnya, Senin (14/5/2023).

Prof Widodo berharap, dengan kegiatan dan pembekalan yang mereka dapatkan, nantinya para mahasiswa baru bisa memahami dan berkontribusi dalam pengembangan green campus.

“Kita punya agenda green campus, keterlibatan mahasiswa sangat penting. Bagaimana kita memberikan inspirasi ke young generation bahwa lifestyle sudah berubah dengan lebih mengedepankan advokasi lingkungan,” terangnya.

Konferensi Pers PK2MABA UB. (Foto: Agus N/reportasemalang)
Konferensi Pers PK2MABA UB. (Foto: Agus N/reportasemalang)

Sementara itu, Ketua Pelaksana PK2MABA, drg. Miftakhul Cahyati Sp.PM menyebutkan, PK2MABA kali ini diikuti 15.488 mahasiswa baru. Dengan menghadirkan sejumlah narasumber. Diantaranya, Jenderal TNI (Purn) Muhammad Andika Perkasa dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. Serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, yang masih dalam konfirmasi.

“Acara PK2MABA dilaksanakan secara full luring dengan dua tempat di UB Veteran dan Kediri. Berlangsung selama 6 hari, 14-16 dilaksanakan PK2MABA Universitas dan 18-20 PK2MABA Fakultas. Rangkaian PK2MABA dilanjutkan open house yang dilaksanakan pada 26-27 Agustus,” sebutnya.

PK2MABA juga melibatkan pembicara internal, agar lebih mengenal kampusnya. Harapannya, maba diberikan kesehatan agar bisa melaksanakan kegiatan di tingkat universitas dan fakultas.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Raja Brawijaya 2023, Pugoh Ananta Putra mengaku, persiapan yang cukup singkat merupakan sebuah tantangan bagi timnya. Hal ini terbukti bahwa persiapan yang dilakukan sudah hampir mencapai 100 persen.

“Persiapan yang cukup singkat ini bagi saya dan tim merupakan sebuah tantangan tersendiri. Seperti layaknya permainan sepak bola. Kamis sudah ada tim yang berkualitas tinggal melatih mereka,” sebut Pugoh.

Mahasiswa Jurusan Sastra China tersebut mengatakan, jika di tahun sebelumnya ada pemecahan rekor MURI dilaksanakan saat PK2MABA. Maka tahun ini akan dilakukan pada saat Open House, yakni kegiatan berupa expo Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dihadiri oleh Maba UB.

“Kegiatan PK2MABA tahun ini dilaksanakan di 7 titik 11 venue. Antara lain di GOR Pertamina, Sakri, UB Sport Center, Fakultas Ilmu Administrasi, Graha Medika dan Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM),” pungkasnya.