Search
Close this search box.
22 Juli 2024

Bareng Cup 5 Jadi Ajang Pencarian Bibit Pemain Muda Sepak Bola

Penyerahan hadiah Bareng Cup. (Foto: Ist/reportasemalang)
Penyerahan hadiah Bareng Cup. (Foto: Ist/reportasemalang)

Bagikan :

Reportasemalang – Bareng Cup selesai digelar untuk ke lima kalinya. Bertempat di lapangan luar Stadion Gajayana, agenda tahunan ini berlangsung selama tiga hari (7-9/7/2023).

Keluar sebagai juara U-12, Mandiri FC Pasuruan, Bima Putra Kota Blitar, Sinar Mas Turen, Satria Muda Pakis Tumpang.

Sedangkan Juara U-10 ditempati Bima Putra Kota Blitar, Bima Sakti Sidoarjo, Blayu Soccer Turen dan Halilintar Malang.

Diikuti 47 tim sepak bola dari berbagai daerah di Jawa Timur, Bareng Cup digadang-gadang menjadi salah satu ajang untuk mencari bibi-bibit pemain muda.

Wakil Walikota Malang, , Ir. Sofyan Edi Jarwoko mengaku bersyukur Bareng Cup terus digelar setiap tahunnya. Bahkan saat ini Bareng Cup ini sudah menjadi agenda tetap dari Disporapar Kota Malang.

Wakil Walikota Malang memberikan sambutan. (Foto:Ist/reportasemalang)
Wakil Walikota Malang memberikan sambutan. (Foto:Ist/reportasemalang)

“Karena itu perlu dipersiapkan dengan baik untuk pelaksanaan dari tahun ke tahun. Supaya dari sisi kuantitas, jumlah peserta bisa semakin banyak. Dan kualitas daripada tim yang mengikuti turnamen ini juga semakin baik,” ujarnya, Minggu (9/7/2023).

Sehingga melalui turnamen yang cukup mendapatkan perhatian dari sekolah sepak bola yang ada di Jawa Timur. Khususnya kelompok umur ini akan menjadi event yang menarik bagi pencari bakat sepakat bola di usia dini.

Apalagi Indonesia sedang mempersiapkan satu agenda besar yaitu Piala Dunia U-17.

“Saya kira ini adalah spirit yang bagus, momentum yang tepat untuk mencari dan melihat potensi dari anak-anak kita dari seluruh Indonesia. Termasuk yang ada di Jawa Timur,” tandasnya.

Senada, Kepala Disporapar Kota Malang, Baihaqi menilai bahwa Bareng Cup ini merupakan sebuah turnamen yang konsisten untuk melakukan pembinaan di usia dini. Bahkan ini sudah yang ke 5 kalinya diselenggarakan.

“Maka ini kami lihat sudah ada komitmen dan konsistensi. Sehingga Bareng Cup ini akan kami masukkan sebagai kalender tetapnya event olahraga di Kota Malang,” ungkapnya.

Tentunya dengan berkolaborasi bersama PSSI dan Koni. Sehingga nantinya bisa sesuai dengan yang diharapkan. Baik dari sisi kuantitas maupun kualitas ada peningkatan di tahun mendatang.

Turnamen ini juga sebagai wadah untuk pencarian bibit-bibit pemain usia dini. Karena bagaimanapun juga, untuk membangun sebuah pondasi cabor sepakbola ini dimulai dari pencarian bibit usia dini.

“Supaya dapat menguatkan di level usia selanjutnya. Apalagi Jawa Timur merupakan gudangnya pemain sepak bola maka kita harus memberikan apresiasi yang luar biasa,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Panitia, Jatmiko menyampaikan, pembukaan Bareng Cup ke 5 ini dibuka oleh Lurah Bareng 7 Juli 2023 yang lalu. Turnamen ini diikuti tim yang berasal dari Blitar, Sidoarjo, Pasuruan, Jember dan Malang Raya.

“Untuk kategori U-10 berjumlah 19 tim. Sedangkan kategori U-12 berjumlah 28 tim,” sebutnya.

Jatmiko berharap, dari ajang turnamen Bareng Cup ini bisa menjadikan wadah bagi adik-adik sebagai ajang pencarian bakat sepak bola usia dini.

“Sehingga kami berharap ini bisa menjadi kegiatan yang terus berlanjut setiap tahun,” pungkasnya. (Agus N)