Lulusan Terbaik Teknik Informatika ITN Malang Buat Game ‘Adventure of Ruvy Fox’
Reportasemalang – Iva Roudhotul Rohmah menjadi lulusan terbaik Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang pada gelaran wisuda ke-71. Dengan nilai IPK 3.94 dalam waktu 3,5 tahun.
Dalam tugas akhirnya, penerima manfaat beasiswa KIP ini berhasil membuat game petualangan “Adventure of Ruvy Fox” berbasis Android. Yang dituangkan dalam judul skripsi “Penerapan Metode Finite State Machine Pada Game 2d “Adventure of Ruvy Fox” Berbasis Android”.
Dijelaskan Iva, game ini memiliki kecerdasan FSM (Finite State Machine) untuk membuat perilaku cerdas untuk karakter pemain dan karakter musuh NPC (Non-Player Character).
Perancangan Adventure of Ruvy Fox merupakan sebuah game side-scrolling yang menampilkan petualangan rubah melawan monster untuk menjaga keseimbangan alam. Terdiri dari tiga level dan dimainkan oleh satu pemain dan bersifat online.
Diceritakan Iva, game “Adventure of Ruvy Fox” menampilkan petualangan seekor rubah yang berusaha mempertahankan keseimbangan alam dengan melawan makhluk-makhluk yang merusak lingkungan. Game ini sangat menarik karena animasinya. Termasuk animasi saat karakter mengambil koin dan ceri, saat dia jatuh ke dalam air, dan saat dia menyundul peti.
“Desain game sebelumnya kurang menarik, jadi saya menambahkan animasi agar game lebih menarik. Ada rintangan dan strategi untuk menyelesaikan tiap level rintangan yang ada. Targetnya untuk semua kalangan, dengan usia 10 tahun ke atas,” jelasnya.
Ketertarikannya membuat game untuk skripsi berawal dari Iva yang suka bidang desain. Sementara di teknik informatika diharuskan bisa membuat coding. Untuk itu Iva memutuskan membuat game dengan coding dan desain animasi.
“Membuat game untuk riset memerlukan waktu yang lama. Tapi saya ingin membuat skripsi hasil saya sendiri tanpa mengambil karakter dari luar. Maka saya desain sendiri game-nya. Paling lama saat proses mendesain, kalau untuk membuat game sendiri membutuhkan waktu sekitar 3 bulan,” kisahnya.
Hasil pengujian menyatakan tingkat keberhasilan 100% untuk seluruh aspek permainan, termasuk pemain, musuh seperti jamur, tikus, dan landak, serta kondisi musuh Dino. Fungsi FSM pada pemain dan musuh beroperasi sesuai dengan yang diinginkan dalam berbagai situasi.
Dara asal Kepanjen Malang ini telah melakukan uji kegunaan kepada 27 responden dengan rentang usia 10-15 tahun, dan 20 tahun. Dari uji kegunaan menunjukkan skor System Usability Scale (SUS) sebesar 68,79 dengan kategori “Ok” atau C. Menandakan bahwa game ini dianggap dapat digunakan dengan baik oleh pemain. Pengujian black box juga menunjukkan keberhasilan 100% untuk semua menu yang ada.
Pengembangan yang disarankan adalah menambah fitur multiplayer, animasi pada layar cutscene, dan pemanfaatan koin dalam permainan menjadi potensi tambahan yang dapat meningkatkan daya tarik dan pengalaman bermain game secara keseluruhan.
Kuliah dengan masa studi 3,5 tahun menjadi target Iva sejak awal. Sebagai penerima KIP Kuliah beasiswa KIP menurutnya sangat membantu untuk biaya pendidikan dan makan. “Sebenarnya (3.5 tahun) untuk mengurangi biaya kos juga. Soalnya rumah saya di Kepanjen Malang, jika ke kampus pergi-pulang jaraknya jauh dan lelah. Kuliah inipun saya masih dibantu kakak,” ungkap putri pasangan Alkum Usnadi (alm), dan Titik Ni’ayah ini.
Untuk meringankan biaya kuliah Iva juga melaksanakan program magang di BuildWithAngga, merupakan penyedia jasa pembelajaran online website dan mobile development. Sambil magang di grafis desain ia mengambil skripsi. Dari sinilah akhirnya ia memutuskan mengambil skripsi tentang game.
“Jadi skripsi saya mengambil game agar tidak pecah fokusnya (kerja dan skripsi). Saya membuat grafis desain untuk promosi kelasnya di media sosial. Alhamdulillah dapat uang saku, lembur juga dapat tambahan,” kata Iva yang magang mulai Juli 2023 lalu.
Dengan mengikuti magang Iva merasa mendapatkan pengalaman lebih sebagai bekal kelak ketika lulus kuliah. Magang ini ia kerjakan secara online jadi tidak mengganggu perkuliahan. “Hasil dari magang saya dikontrak satu tahun. Jadi sambil kerja saya juga bisa belajar terkait penerapan informatika untuk karir lebih baik,” pungkasnya. Selama kuliah Iva juga pernah lolos pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa Artificial Intelligence (PKM-AI) 2023.